Sistem Akuntansi dirancang sedemikian rupa untuk menunjukkan kenaikan atau penurunan setiap item laporan keuangan dalam laporan terpisah. Catatan ini dinamakan perkiraan (account). Dengan kata lain perkiraan adalah catatan yang digunakan untuk mencatat setiap transaksi secara terpisah. Sebagai contoh, karena account Cash muncul dalam neraca, maka dibuat catatan terpisah sehubungan dengan kenaikan ataupun penurunan account Cash. Kumpulan dari account-account dalam suatu entititas tersebut dinamakan BUKU BESAR (ledger)
Aturan debet kredit dari suatu perkiraan diikhtisarkan sbb:
- aktiva : kenaikan sebelah debet, penurunan sebelah kredit
- kewajiban: kenaikan sebelah kredit, penurunan sebelah debet
- modal: kenaikan sebelah kredit, penurunan sebelah debet
- prive: kenaikan sebelah debet, penurunan sebelah kredit
- pendapatan: kenaikan sebelah kredit, penurunan sebelah debet
- Beban (expense): kenaikan sebelah debet, penurunan sebelah kredit
Tidak ada komentar:
Posting Komentar